Tidak hanya di Bali saja Pantai Kuta ada namun, di lombok terdapat sebuah pantai yang bernama Pantai Kuta Lombok yang terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pantai indah ini berjarak kurang lebih 56 km dari Kota Mataram,Desa Kuta mulai dikenal menjadi tempat wisata sejak didirikannya hotel-hotel  baru. Selain keindahan pantainya yang dapat dinikmati wisatawan setiap berkunjung di desa ini, Ada hal lain yang juga menjadikan pantai ini menarik untuk dikunjungi yaitu pada satu kali dalam setahun (biasanya bulan Februari atau Maret) akan diadakan upacara Sasak  atau disebut upacara Bau Nyale di desa ini.

Dalam upacara tersebut, para pelaut mencari cacing nyale di laut. Konon, dulu ada seorang putri bernama Putri Mandalika yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Namun, karena Sang Putri tidak bisa mengambil keputusan, maka Sang Putri pun akhirnya terjun ke laut. Dan sebelumnya, Sang Putri pernah berjanji akan datang kembali setiap satu tahun sekali. Rambutnya yang panjang, kemudian menjadi cacing nyale yang kini dicari para nelayan saat upacara dilakukan oleh suku sasak sebagai suku asli Pulau Lombok.

Pantai Kuta dianugrahi keindahan yang nyaris sempurna. Pasirnya putih bersih dengan pantai yang biru, kawasan ini dikelilingi perbukitan. Dari jauh, perbukitan hijau ini tampak seperti mengelilingi beberapa sudut pantai. Kawasan yang cenderung masih tenang merupakan nilai tambah pantai yang luasnya memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali. Keindahan pantai Kuta di pagi hari cukup menenangkan jiwa wisatawan yang berkunjung. Oleh wisatawan mancanegara, limpahan sinar matahari yang hangat ini dimanfaatkan untuk berjemur. Namun agak berbeda dibandingkan dengan Pantai Kuta di Legian, Pantai Kuta di Lombok lebih banyak menawarkan panorama pantai dengan latar belakang batu-batu cadas. Sementara, Pantai Kuta di Legian, Bali, menjadi tempat favorit bagi para turis asing dan lokal untuk berjemur diri, main selancar air, dan jalanan menuju ke situ kian hari juga kian padat

Keindahan bawah laut pantai Kuta juga memesona. Cobalah bermain snorkling untuk menikmati keindahannya. Bagi yang ingin menaklukkan ombak pantai Kuta yang memang berbatasan langsung dengan samudera Hindia, Anda pun bisa mencoba surfing. Sebuah sajian yang lengkap dari pantai yang masih sepi dari pedagang asongan ini.
 
LOMBOK INFO © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top