Air Terjun Sendang Gile atau Senaru berlokasi di desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Air terjun senaru ini merupakan salah satu air terjun dengan keindahan alam yang sangat luar biasa dibandingkan beberapa air terjun yang berlokasi di kabupaten Lombok utara lainnya seperti Air Terjun Kerta Gangga dan Air Terjun Tiu Pupus.

Air terjun selalu menjanjikan sensasi. Uniknya hampir setiap destinasi wisata baik dalam negeri maupun luar negeri selalu menawarkan keindahan air yang mengalir dari atas bukit ini Anda bisa menemukan gemericik air nan menyegarkan ini di air terjung Sendang Gile, Air terjun Sendang Gile mempunyai tinggi sekitar 35 meter, dan merupakan yang tertinggi dibandingkan 2 air terjun lainnya di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Airnya yang jernih dan dingin membuat wisatawan selalu menghabiskan waktu untuk mandi dan bermain di sungai yang menampung limpahan air dari bukit. Keindahan ini didukung dengan aneka pohon dan tumbuhan yang berjajar di sepanjang mata memandang.

Asal usul nama Sendang Gile Asal menurut kepercayaan dari cerita masyarakat setempat berasal dari sebuah kejadian yang tidak di sengaja yakni pada jaman dahulu saat air terjun ini belum di ketahui keberadaannya. Masyarakat setempat yang terganggu oleh keberadaan seekor singa gila yang mengganggu di dusun mereka akhirnya memutuskan untuk memburu singa tersebut sehingga membuat singa itu lari masuk ke dalam hutan yang rimbun, masyarakat yang memburu singa tersebut sampai hutan tanpa sengaja menemukan air terjun. Penduduk setempat menyebut singa gila tersebut dengan sebutan sengang gila. Dan saat menemukan air terjun tersebut, air terjunnya pun dinamakan sengang gila. Dengan berjalannya waktu penyebutan Sengang Gila berubah menjadi Sendang Gila.

0 comments:

 
LOMBOK INFO © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top